HUBUNGAN SANITASI SEKOLAH DENGAN KESEHATAN SISWA DI SDN SUKASARI II KECAMATAN RAJEG TAHUN 2020

  • Endra Gunawan Dosen Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yatsi
  • Aktika Dika Widyawati STIKes Yatsi Tangerang

Abstract

Latar Belakang Sanitasi dan keamanan pangan yang buruk menyebabkan penyakit menular lingkungan, penyakit tersebut sangat cepat menular, yang masuk melalui mulut, pernapasan, dan saluran pencerna. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan antara sanitasi sekolah dengan kesehatan siswa. Metode penelitian menggunakan desain web, adalah gambaran penelitian atau penelaahan antara variabel dua pada suatu sisi atau suatu subjek, penelitian ini disebut dalam penelitian kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V sebanyak 122 responden di SDN SukaSari II Kecamatan Rajeg. Sampel di ambil dengan teknik random sampling dengan pendekatan cross sectional .Data diperoleh dengan cara meminta responden mengisi kuisioner. Hasil penelitian analisa data yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square dan kesehatan person di dapat adanya hubungan antara saniatsi sekolah dengan siswa, terbukti dari hasil uji statisti P value 0,000 dengan r 0,404 yang artinya terdapat hubungan yang memiliki keeratan yang sedang . Kesimpulan dan Saran responden diketahui memiliki sanitasi sekolah , terdapat 54 laki-laki (44,3%) yang menerapkan sanitasi sekolah yang kurang baik, 68 perempuan (55,7%) yang menerapkan sanitasi sekolah dengan baik.Diharapkan juga untuk pihak sekolah dapat menyediakan fasilitas tambahan seperti tempat untuk melakukan cuci tangan, pembersih tangan, tempat sampah organik & non organik serta dapat memberikan informasi kepada murid mengenai sanitasi sekolah yang baik.

 

References

Depkes RI. Profil Kesehatan Indonesia, Jakarta ; 2008.
Dwi NM, Dupai L, Putu EME. Pengaruh Kesmas Cilik Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Perilaku Hidup bersih dan Sehat Murid Kelas V bersih dan Sehat Sekolah Dasar Negri 12 Poasia Kota Kediri Tahun 2017. JIMKESMAS Vol. 2/NO.5/ Januari 2017:ISSN 250-731X.
Ineke Feryasari. 2018. Pemeliharan Sanitasi Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul, FKM-Universitas Negeri Yogyakarta.
Jannah, M., Santi, E., Rachmawati, K., Studi, P., Keperawatan, I., Kedokteran, F., … Kesehatan, P. (2018). Pendidikan Kesehatan : Demosntrasi Terhadap Perilaku Siswa Dalam Membuang Sampah Pada. 1(2), 114–122
Mukono, H. J. 2017. Prinsip Dasar Kesehatan Lingkungan, Edisi Kedua, Airlangga University Press. Doi : 28/9/2289 [pii].
Sulastri, Ketut, dkk. 2014. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Anak Sekolah Tentang Hidup Bersih dan Sehat Di SD N Wilayah Puskesmas Selemadeg Timur II. Journal kesehatan lingkungan Vol. IV no 1 hal 99-106.
Tambuwun, F., Ismanto, A., & Silolonga, W. (2015). 1 Hubungan Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Diare Pada Anak Usia Sekolah Di Wilayah Kerja Puskesmas Bahu Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 3(2), 107931.
World health organization. Indoor air pollution and health. Geneva: WHO; 2016.
Published
2021-04-30