Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Perokok Aktif Tentang Bahaya Rokok Dengan Motivasi Berhenti Merokok Pada Siswa SMA Muhammadiyah Cipondoh

  • Rina puspita sari stikes yatsi
  • sulaeman M.Pd stikes yatsi
  • fitri angraini stikes yatsi
Keywords: Knowledge Level, Active Smoker, Dangers of Cigarette,, Motivation.

Abstract

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang sangat lazim ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan Kementerian Kesehatan Indonesia tahun 2017, kebiasaan merokok meningkat pada generasi muda bahwa prevalensi remaja usia 15 – 19 tahun yang merokok meningkat 2 kali lipat dari tahun sebelumnya. Salah satu penyebabnya ialah kurangnya pengetahuan para remaja tersebut tentang bahaya merokok.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan perokok aktif tentang bahaya rokok dengan motivasi untuk berhenti merokok pada siswa SMA Muhammadiyah.

Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 76 orang, dilaksanakan pada bulan April 2018. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner.

Hasil dari penelitian ini tidak terdapat hubungan bermakna antara tingkat pengetahuan perokok aktif tentang bahaya merokok dengan motivasi berhenti merokok pada siswa SMA Muhammadiyah Cipondoh dengan nilai P value 0,283 > α (0,05).

Kesimpulan dan saran dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan perokok aktif tentang bahaya merokok dengan motivasi berhenti merokok. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi perokok aktif untuk berhenti merokok.

Published
2019-05-02